Tim pengabdian kepada masyarakat Program Studi Doktor Sistem Informasi (DSI) Sekolah Pascasarjana Universitas Diponegoro (Undip) melakukan kegiatan ”Pemberdayaan UMKM Desa Karang, Karangpandan, Karanganyar Melalui Digital Marketing untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Lokal” di Desa Karang, Kabupaten Karanganyar, pada Sabtu, 2 November 2024 lalu.
Tim terdiri dari Prof Dr R Rizal Isnanto ST MM MT IPU, ASEAN Eng, Prof Dr Rahmat Gernowo, MSi, Prof Dr Ir Purwanto, DEA Prof Drs Mustafid MEng PhD, dan Dr Drs Catur Edi Widodo, MT.
Kegiatan yang diikuti 15 peserta perwakilan UMKM ini juga melibatkan mahasiswa dan perwakilan Himpunan mahasisswa DSI Undip.
Menurut ketua tim Prof Rizal Isnanto bahwa program pengabdian ini bertujuan untuk memberdayakan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Karang, Karangpandan, Karanganyar melalui penerapan strategi digital marketing.
“Dengan memanfaatkan alat seperti Facebook Ads Manager dan media sosial, pelaku UMKM diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk lokal mereka. Kegiatan dimulai dengan sosialisasi dan pendataan awal untuk memahami kebutuhan spesifik pelaku UMKM, dilanjutkan dengan serangkaian pelatihan mengenai penggunaan media sosial, SEO, dan periklanan digital,” ungkap Prof Rizal Isnanto.
Lebih lanjut Ketua Program Studi DSI Undip Prof Rahmat Gernowo mengatakan, digital marketing mampu meningkatkan daya saing produk lokal dengan memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan visibilitas produk secara.
Selain itu UMKM dapat naik kelas serta mendukung pertumbuhan ekonomi Desa Karang dan Watugambir Park.
“Melalui platform online seperti media sosial, website, dan e-commerce, produk lokal dapat dipromosikan kepada audiens yang lebih luas, tidak terbatas oleh batasan geografis. Penggunaan strategi digital marketing, seperti SEO, iklan berbayar, dan email marketing, memungkinkan produk lokal bersaing dengan brand besar karena memberikan akses ke alat promosi yang efektif dengan biaya yang relatif terjangkau,” ujar Prof Rahmat Gernowo.